Home > Flashdisk > Perkembangan Flasdisk

Perkembangan Flasdisk

Perkembangan Teknologi di dunia seperti saat ini sangatlah pesat, hal ini terlihat dari teknologi alat penyimpanan data yaitu USB Flash Disk.Saya memilih membahas perkembangan Flash disk ini karena sangat berhubungan dengan Sistem Informasi manajemen dan juga semakin hari orang-orang membutuhkan alat penyimpan data yang mempunyai kapasitas besar. Sehingga orang tidak perlu repot-repot membawa banyak disket atau bahkan harddisk sekalipun.

Jaman dahulu ketika era disket masih berjaya orang biasa membawa data mobile menggunakan disket dari mulai yang berukur 51/4 hingga 31/2 inch dengan kapasitas mulai 720 KB hingga berkisar antara 1.44 Mb seperti yang dialami aku sendiri ketika menggunakan PC berbasis DOS dengan aplikasi macam wordstar dan lotus 123. Namun seiring perkembangan jaman dan pesatnya akan kebutuhan data yang besar dengan mobilitas tinggi serta daya tahan yang kuat maka disket tak mampu menjawab tantangan ini. Meskipun kemudian muncul ZIP drive yang kapasitasnya lebih besar dan berkali-kali lipat dari disket, tapi ZIP ini bisa dibilang kurang fleksibel dan ukurannya pun boleh dibilang tidak simpel dan kebanyakan PC tidak memiliki Zip drive.

Dan akhirnya, muncullah sebuah alat simpan portabel yang saat ini paling banyak digunakan yaitu USB FLASH DISK. Benda ini sebenarnya tidak memerlukan software/driver khusus karena tergolong PNP (Plug and Play) untuk dapat melakukan baca dan tulis kecuali untuk windows 98 ke bawah dan linux versi awal memang memerlukan driver. Selain itu rata-rata PC sekarang ini sudah menyertakan port USB yang merupakan interface dari USB Flash Disk ini, jadi benar-benar mudah sekali digunakan.

Disini sedikit mencoba menggali sedikit sejarah mengenai perjalanan FD ini. Bicara mengenai penemu FD ini menurut data yang kuperoleh bahwa FD ini ditemukan pertama kali oleh Dov Moran, yaitu President dan CEO dari perusahaan M-Systems Flash Pioneers pada tahun 1998 lampau. Serta seorang pegawai pada perusahaan Sandisk yang bernama Harkabi yang sekaligus juga merupakan pemimpin dari tim pengembang dan marketing di M-system ketika itu, saat ini beliau telah menjabat sebagi Vice President. Kontribusinya yang amat berarti adalah membuat USB Flash Disk ini menjadi mandiri tanpa memerlukan instalasi driver. Pada bagian pemasaran, Perusahaan Amerika IBM lah yang pertama menjual flash disk yang ketika itu masih bekapasitas 8 MB dengan nama Memory Key tepatnya pada tahun 2001. IBM kemudian meluncurkan FD dengan kasitas setingkat lebih besar yakni 16 MB yang dibuat oleh perusahaan Trek 2000 setelah itu diluncurkan lagi versi yang 64 MB yang dibuat oleh perusahaan M-System.

Mengenai penamaan, Flash disk ini sebenarnya namanya sangat beragam mulai dari thumb drive, pen drive, thumb flash, flash drive dan sebagainya. Namun aku sendiri lebih senang menyebutnya dengan Flash Disk atau disingkat FD meskipun sebenarnya di dalamnya tak ada disk atau cakram melainkan chip memory flash yang lebih tahan benturan dibandingkan disk.

 

Setahu saya Dari awal mulanya Flash disk tersedia dalam beberapa type kapasitas yaitu : 8Mb, 16Mb, 64Mb, 128Mb, 256Mb, 512Mb, 1Gb, 2Gb,4Gb, Bahkan akan dikeluarkan Flasdisk yang mempunyai kapasitas hingga 16Gb. Tentu saja sangatlah cepat perkembangannya, mungkin dua atau tiga tahun kedepan Flash Disk akan sampai dengan kapasitas 64-128Gb.

 

http://blog.unila.ac.id/ndiy/2009/03/06/perkembangan-flash-disk/

Categories: Flashdisk
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: